Autodesk
Inventor Professional 2013 merupakan program yang dirancang khusus untuk
keperluan bidang teknik seperti desain produk, desain mesin, desain mold,
desain konstruksi, atau keperluan teknik lainnya. Program ini merupakan
rangkaian program penyempurnaan dari Autodesk Autocad dan Autodesk Mechanical
Desktop. Lebih lanjut, program ini sangat cocok bagi pengguna Autodesk Autocad
yang ingin meningkatkan kemampuannya karena memiliki konsep hampir sama dalam
menggambar 3D. Autodesk Inventor 2013 adalah program pemodelan solid berbasis
fitur parametrik, artinya semua objek dan hubungan antargeometri dapat
dimodifikasi kembali meski geometrinya sudah jadi tanpa perlu mengulang lagi
dari awal. Hal ini sangat memudahkan kita ketika sedang dalam proses desain
suatu produk atau rancangan. Untuk membuat suatu model 3D yang solid ataupun
surface, kita harus membuat sketch-nya terlebih dahulu atau mengimpor gambar 2D
dari Autodesk Autocad. Setelah gambar atau model 3D tersebut jadi, kita dapat
membuat gambar kerjanya menggunakan fasilitas drawing. Tidak hanya sampai pada menampilkan gambar
kerja, Autodesk Inventor Professional 2013 juga mampu memberikan simulasi
pergerakan dari produk yang kita desain serta mempunyai alat untuk menganalisis
kekuatan. Alat ini cukup mudah digunakan dan dapat membantu kita untuk
mengurangi kesalahan dalam membuat desain. Dengan demikian, selain biaya yang
harus kita keluarkan akan berkurang, time to market dari benda yang kita desain
pun dapat dipercepat karena kita sudah mensimulasikan terlebih dahulu benda
yang kita desain di komputer sebelum masuk ke proses produksi.
1. Membuka Autodesk
Inventor Professional 2013
Untuk memulai Autodesk Inventor Professional
2013 ikutilah langkah berikut ini:
1. Klik Start pada menu Windows
2. Pilih All Program
3.
Klik Autodesk lalu pilih Autodesk Inventor Professional 2013 dan akan tampil
seperti berikut:
2. Mengenal
Menu dan Toolbar Autodesk Inventor Professional 2013
Seperti halnya program lain, Autodesk
Inventor Professional 2013 memiliki pula bidang kerja, yaitu Menu Bar, Inventor
Standard Toolbar, Panel Bar, dan Browser Bar.
·
Bidang
Kerja adalah tempat menggambar.
·
Menu
Bar berisi semua perintah yang terdapat di Autodesk Inventor 2012
·
Inventor
Standard Toolbar berisi perintah yang digunakan selama proses menggambar.
·
Panel
Bar berisi perintah khusus untuk menunjang proses yang sedang berangsung.
Misalnya, kita membuat gambar dengan template “Sheet Metal.ipt” maka pada Panel
Bar secara otomatis akan muncul perintah khusus untuk Sheet Metal.
·
Browser
Bar berisi langkah-langkah kerja. Misalnya, kita membuat objek dengan Extrude
dan Revolve, semua akan tercatat di Browser Bar untuk memudahkan kita melakukan
edit ulang.
3.
Sistem Navigasi
Pada Autodesk Inventor 2012 terdapat
tool-tool navigasi yang membantu mobilitas saat menggambar di dalam bidang
kerja. Kita dapat menemui tools tersebut seperti zoom, rotate, pan, dan lainnya
pada Inventor Standard Toolbar.
3.1.
Zoom
Fungsinya untuk memperbesar gambar pada
tampilan bidang kerja. Klik zoom lalu klik pada bidang kerja dan geser kursor
ke atas atas ke bawah. Kemudian, kliklah untuk mendapatkan tampilan yang
diinginkan. Kita dapat menggunakan zoom ketika tools lain sedang aktif.
3.2.
Pan
Fungsinya untuk menggeser tampilan bidang
kerja. Kliklah pan lalu klik pada bidang kerja. Selanjutnya, geserlah kursor
pada tempat yang dinginkan.
3.3.
View
Face
Fungsinya untuk memperbesar tampilan
dengan referensi face. Face hanya berlaku untuk permukaan datar. Kliklah view
face, lalu klik pada face yang kita pilih maka akan diperbesar.
3. 4.
Free Orbit
Fungsinya untuk memutar objek pada bidang
kerja. Kliklah free orbit, lalu klik pada bidang kerja. Selanjutnya, putar
objek sampai memperoleh tampilan yang diinginkan
3.5.
View
Cube
Fungisnya untuk memutar objek berdasarkan
arah yang telah ditentukan seperti fornt, top, left dan lain-lain. Kliklah view
cube untuk menampilkan sistem navigasi pada sudut kanan atas. Untuk memilih
arah, cukup klik salah satu sis view cube.
3.1.
Full Navigation Wheel
Fungsinya untuk melakukan kombinasi
perintah navigasi seperti zoom, orbit, pan, dan lain-lain. Kliklah full
navigation wheel sehingga akan keluar menu dan pilihlan salah satu perintah
yang akan dipakai.
3.
Menggunakan
Tombol Shortcut
Berikut
ini adalah daftar beberapa tombol shortcut beserta perintah yang sering
digunakan. Apabila kita telah terbiasa menggunakannya makan akan sangat
menghemat waktu.
|
Tombol
|
Hasil
|
|
F1
|
Menampilkan
bantuan (help) sesuai dengan perintah atau dialog box yang sedang aktif.
|
|
F2
|
Melakukan
pan (menggeser-geser tampilan model) dengan bantuan klik-geser dari kiri
mouse. Bisa juga dengan langsung klik-geser dari tengah mouse tanpa harus
menekan F2
|
|
F3
|
Melakukan
zoom-in atau zoom-out pada tampilan model dengan bantuan klik-geser dari kiri
mouse. Bisa juga dengan langsung meng-scroll mouse tanpa harus menekan F3.
|
|
F4
|
Melakukan
rotate pada tampilan model dengan bantuan klik-geser dari kiri mouse
|
|
F5
|
Kembali
ke tampilan model sebelumnya.
|
|
F6
|
Kembali
ke tampilan isometrik
|
|
]
|
Membuat
Plane baru.
|
|
B
|
Menambah
balloon pada drawing.
|
|
C
|
Menambah
constraint pada assembly atau bisa juga perintah membuat sebuah lingkaran
ketika model sketch sedang aktif
|
|
D
|
Menambahkan
dimensi pada sketch atau pada drawing
|
|
DO
|
Menambahkan
dimensi ordinat pada drawing.
|
|
E
|
Melakukan
extrude pada profil (hasil sketching).
|
|
FC
|
Menambahkan
feature control frame pada drawing.
|
|
H
|
Menambahkan
fitur lubang.
|
|
L
|
Membuat
garis (line) atau lengkungan (arc).
|
|
P
|
Menempatkan
(places) sebuah komponen (bisa part atau assembly) pada suatu assembly.
|
|
R
|
Membuat
fitur revolver.
|
|
S
|
Membuat
2D sketch pada sebuah permukaan datar ata bidang (plane).
|
|
T
|
Melakukan
tweak sebuah part dalam file persentasi.
|
|
X
|
Melakukan
trim saat mode sketch sedang aktif.
|
|
Esc
|
Membatalkan
/ menghentikan suatu perintah.
|
|
Del
|
Menghapus
(delete) objek yang dipilih.
|
|
Shift +
rotate tool
|
Otomatis
me-rotate tampilan model. Shift + klik saat mode rotate sedang aktif. Klik
lagi untuk menghentikannya.
|
|
Ctrl +
Enter
|
Kembali
(return) ke keadaan edit sebelumnya.
|
|
Ctrl + Y
|
Melakukan
redo (menarik kembali undo terakhir).
|
|
Ctrl + Z
|
Melakukan
undo (menarik kembali aksi terakhir).
|
|
Spacebar
|
Ketika
3D rotate aktif, mengaktifkan switch (pergantian) antara dynamic rotation dan
pandangan isometrik standar serta pandangan tegak lurus bidang.
|

Blackjack is Blackjack with 4-7 Players - DrmCD
BalasHapusLearn how to 논산 출장샵 play blackjack with 4-7 players, including the best 충청북도 출장마사지 game rules 의정부 출장마사지 and 서산 출장샵 strategies. Learn how to play, 구미 출장안마 the best strategies,